Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS) Tahun 2019
Tuesday, June 11, 2019
2019,
administrasi guru,
latihan soal,
saintek,
SBMPTN,
soshum,
TPA,
TPS
Edit
Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS)
Tahun 2019
Assalamu'alaikum wr.wb
Tidak terasa pendaftaran SMPTN 2019 sudah dekat. Sebeleum memulai tes SBMPTN alangkah baiknya mengerjakan sola latihan-latihan. Pada kesempatan malam hari ini saya akan bagikan mengenai soal TPS. TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi, disamping kemampuan akademik.
Topik: Kemampuan Verbal: Urutan dalam Soal Cerita
Pilihlah jawaban yang benar sesuai dengan urutan dalam soal cerita!
- Agen properti menawarkan lima buah rumah dengan luas dan tipe sama. Harga kelima rumah tersebut ditentukan oleh panorama sekelilingnya.
- Rumah R berharga tiga kali lipat rumah Q.
- Harga rumah S adalah harga rumah R ditambah Q.
- Rumah P dua kali lebih mahal dari rumah Q
- Rumah T lebih murah dua kali lipat daripada rumah S
Urutan tiga rumah yang memiliki panorama terindah adalah...
- S, R, Q
- S, P, T
- S, R, P
- S, P, Q
- R, S, T
Jawaban: C
Pembahasan:
Urutan rumah yang tepat berdasarkan harganya adalah S (seharga 4Q), R (seharga 3Q), P dan T (seharga 2Q) dan Q sendiri. Karena harga ditentukan oleh panorama, urutan tiga rumah berpanorama terindah adalah S, R, lalu P atau T, sesuai dengan jawaban C.
- Sebuah pos satpam biasanya diisi 2—3 personel secara bergantian oleh Pono, Supandi, Mursid, Daniel, dan Waluyo. Tugas jaga ditentukan dengan ketentuan sebagai berikut.
- Setiap orang mendapat jatah tiga hari bertugas dan libur setiap Senin.
- Pada Selasa dan Jumat harus ada tiga personel.
- Pono bertugas selama tiga hari berturut-turut, termasuk Jumat.
- Daniel tidak bertugas di hari Minggu.
- Hari tugas Supandi dan Mursid berselang-seling.
- Waluyo selalu bertugas bersama Supandi.
Jika Mursid bertugas pada Rabu, manakah pernyataan yang tepat?
- Pono bertugas dengan Waluyo pada hari Selasa.
- Mursid bertugas pada hari Minggu dengan Daniel.
- Waluyo bertugas dengan Supandi dan Daniel pada Rabu.
- Daniel bertugas dengan Mursid dan Pono pada Jumat.
- Supandi bertugas bersama Pono dan Waluyo pada Kamis.
Jawaban: D
Pembahasan:
Di bawah ini adalah tabel pembagian tugas para satpam tersebut.
Berdasarkan tabel tersebut, jawaban paling sesuai adalah D, sementara A, B, C, dan E tidak tepat.
Topik: Kemampuan Verbal: Hubungan kata
3. ... : PEPOHONAN = LADANG : ...
- DAUN – SAWAH
- HUTAN – PALAWIJA
- KAYU – TANAH
- POHON – PERSAWAHAN
- BUKIT – PADI
Jawaban: B
Pembahasan:
Hubungan yang tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah kata ditanami sehingga jawaban yang tepat adalah B, HUTAN ditanami PEPOHONAN seperti halnya LADANG ditanami PALAWIJA (tanaman selain padi, seperti kacang, ubi, jagung, biasanya ditanam di ladang).
4. FAIL : ... = KEBERHASILAN : ...
- SUKSES – KEKALAHAN
- KEKALAHAN – KEMENANGAN
- RAK – KEGAGALAN
- DOKUMEN – KESUKSESAN
- HUJATAN – MEDALI
Jawaban: D
Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, fail berarti ‘dokumen’. Oleh karena, itu, hubungan tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah frasa bersinonim dengansehingga jawaban yang tepat adalah D, FAIL bersinonim dengan DOKUMEN seperti halnya KEBERHASILAN bersinonim dengan KESUKSESAN.
Topik: Kemampuan Verbal: Penalaran Logis
- (1) Semua siswa kelas V mahir bermain kelereng.
(2) Tidak ada siswa kelas V yang mahir bermain kelereng dan layang-layang sekaligus.
(3) Anggi mahir bermain layang-layang.
Mana pernyataan yang sesuai dengan tiga premis di atas?
- Sebagai siswa kelas V, Anggi pun mahir bermain kelereng.
- Anggi dan siswa kelas V mahir bermain layang-layang.
- Siswa kelas V dan Anggi tidak mahir bermain kelereng.
- Sebagian siswa kelas V, termasuk Anggi, mahir bermain layang-layang.
- Anggi bukan siswa kelas V.
Jawaban: E
Pembahasan:
Jawaban A bertentangan dengan premis 2. Pilihan B bertentangan dengan premis 2. Jawaban C bertentangan dengan premis 1. Jawaban D bertentangan dengan premis 2 dan 1.
Pilihan paling sesuai adalah E karena dari premis 1 dan 2 diketahui bahwa semua siswa kelas V mahir bermain kelereng dan tidak mahir bermain layang-layang. Sementara itu, Anggi mahir bermain layang-layang. Oleh karena itu, pasti Anggi bukan siswa kelas V.
- (1) Setiap hari, pukul 17.00, semua karyawan wajib pulang dari kantor, kecuali para direktur.
(2) Selasa pukul 17.30, Hana masih berada di kantor.
Kesimpulannya adalah...
- pada Selasa, semua karyawan pulang pukul 17.30.
- petinggi perusahaan pulang pukul 17.30.
- tidak ada petinggi perusahaan yang bekerja pada Selasa.
- Hana, petinggi perusahaan, masuk kantor pada Selasa.
- Hana adalah seorang karyawan teladan.
Jawaban: D
Pembahasan:
Dari premis 1 diketahui semua direktur belum pulang selepas pukul 17.00 dan dari premis 2 diketahui Hana masih berkantor pada pukul 17.30. Dapat disimpulkan bahwa Hana adalah direktur atau petinggi perusahaan. Oleh karena itu, jawaban paling sesuai adalah D.
Topik: Kemampuan Numerikal: Deret
7. 1 , ... , 5, 9, 25, 27, 125, 81, ... , 243
- 1, 325
- 3, 625
- 5, 243
- 7, 343
- 9, 729
Jawaban: B
Pembahasan:
8. ..., 21, 34, 55, a, 144, b, 377, 610,...
(a, b) = ?
- (85, 229)
- (86, 230)
- (87, 231)
- (88, 232)
- (89, 233)
Jawaban: E
Pembahasan:
Bilangan di atas adalah bagian dari deret Fibonacci. Setiap bilangan adalah jumlah dari dua bilangan sebelumnya.
Topik: Kemampuan Numerikal, Kemampuan Aritmatik
9. Jika dan , berapakah ?
- 5
- 9
- 5
- 10
- 5
Jawaban: A
Pembahasan:
10. Jika , berapakah ?
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
Jawaban: B
Pembahasan:
Topik: Kemampuan Numerikal, Logika Matematika
11. Rata-rata nilai UAS 18 siswa kelas A adalah 8,5. Bila nilai dua orang siswa dimasukkan, rata-ratanya menjadi 8,65. Berapa nilai rata-rata dua orang tersebut?
- 8
- 8,5
- 9
- 9,5
- 10
Jawaban: E
Pembahasan:
12. Sisi terpanjang dua segitiga siku-siku A dan B adalah 13 cm dan 10 cm masing-masing. Jika jumlah keliling dua segitiga tersebut adalah 54 cm, berapa luas A dibandingkan luas B?
- 2:3
- 3:4
- 3:5
- 5:4
- 5:6
Jawaban: D
Pembahasan:
Karena dalam soal disebutkan panjang sisi terpanjang, dapat diketahui alas dan tinggi kedua segitiga siku-siku tersebut berdasarkan teorema phytagoras.
Topik: Kemampuan Figural, Pencerminan/Rotasi Gambar
Pilih gambar yang tak sesuai dengan yang lain!
13.
Jawaban: E
Pembahasan:
Bentuk A, B, C, dan D merupakan satu bidang yang dirotasi, sementara E bukan.
14.
Jawaban: E
Pembahasan:
Bentuk A dan C tidak berbeda, sementara bentuk C dan D adalah pencerminan satu sama lain. Yang berbeda sendiri adalah E.
Topik: Kemampuan Figural, Kelanjutan Gambar
15.
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam gambar-gambar di atas, kelanjutan gambar didasarkan atas jumlah bangun di dalam dan luar lingkaran. Bangun di dalam lingkaran dalam kota-kotak sebelumnya adalah 3, 4, dan 5, sementara jumlah bangun di luar lingkarannya adalah 0, 1, 2, dan 3. Oleh karena itu, gambar selanjutnya adalah kotak berisi lingaran dengan bangun di dalam lingkaran berjumlah 6 dan bangun di luar lingkaran berjumlah 4, seperti yang ada di jawaban B.
16.
Jawaban: D
Pembahasan:
Gambar-gambar domino di soal memiliki satu kesamaan, yaitu jumlah titiknya adalah 4. Jadi, gambar domino selanjutnya juga harus memiliki empat buah titik, seperti halnya gambar pada pilihan D.
Topik: Kemampuan Figural, Bangun Geometri
17.
Jawaban: D
Pembahasan:
Bangun segi lima di atas akan lebih mudah diurai dengan menandai bagian atap dan alasnya
sehingga jaring-jaringnya akan lebih mudah diurai sebagai berikut.
Jika diurai, jaring-jaringnya sesuai dengan jawaban D.
18.
Jawaban: B
Pembahasan:
Untuk lebih mudahnya, titik-titik persinggungan ditandai,
sehingga didapat jawaban B
19. Mana gambar yang berbeda di bawah ini?
Jawaban: A
Pembahasan:
Bangun B, C, D, dan E merupakan bentuk bangun yang dirotasi, kecuali A.
Demikian materi mengenai latihan soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS). Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Semoga sukses dalam mengerjakan soal SBMPTN nanti.
Wassalamu'alaikum wr.wb
0 Response to "Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS) Tahun 2019"
Post a Comment