Format Laporan Diklat Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Melalui Akun SIMPKB

  Format Laporan Diklat Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Melalui Akun SIMPKB

Guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima.

Perkembangan dunia digital dapat menimbulkan dua sisi yang berlawanan dalam kaitannya dengan pengembangan literasi digital. Berkembangnya peralatan digitaldan akses akan informasi dalam bentuk digital mempunyai tantangan sekaligus peluang.

Diklat fungsional merupakan kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Jenis kegiatan dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai bentuk diklat yang lain.

Laporan diklat belajar di masa covid 19

Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar penugasan baik oleh kepala sekolah/madrasah atau institusi lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan. 

Pada masa pandemi ini Kemendikbud Melalui Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan berusaha keras untuk melaksanakan kegiatan Diklat untuk guru dengan tujuan mengembangkan potensi guru terutama dalam hal Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran lewat Daring.

Kemendikbud telah menyiapkan diklat online melalui akun Simpkb yang bisa diakses oleh semua guru di seluruh Indonesia.Dengan login ke akun masing-masing di SIMPKB Guru bisa mengikuti materi diklat dari rumah dengan waktu yang menyesuaikan kegiatan guru.

Tujuan Umum dari kegiatan ini adalah pengembangan diri yang dilakukan guru melalui Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-9 adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran Jarak Jauh dengan penyederhanaan beban kurikulum,meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan murid dan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.

Dalam kenaikan pangkat seorang ASN terdapat menu tentang pengembangan diri yang wajib di ikuti oleh guru sebagai syarat usul kenaikan tingkat.Guru dituntut untuk aktif dlam mengikuti seminar atau diklat yang sesuai dengan kompetensi Bidang guru masing-masing.

Setelah mengikuti kegiatan Diklat selesai Guru diharuskan membuat Laporan hasil diklat sebagai bukti telah melaksanakan kegiatan.Selain itu juga disertai lampiran-lampiran seperti sertifikat,foto kegiatan,daftar hadir serta jadwal kegiatan.

Berikut ini kami bagikan contoh hasil Laporan Diklat Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid -19 Melalui Akun SIMPKB yang dilaksanakan mulai tanggal 11-20 Oktober 2020 melalui akun SIMPKB.Bapak/ibu guru bisa mengunduhnya dalam format ms.word sehingga mudah dalam mengedit identitas.

  1. Foto Kegiatan
  2. BAB I-IV
  3. Cover, Identitas,Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi dan Daftar Lampiran Bimtek
  4. Jadwal Bimtek
Demikian contoh materi pembuatan Format Laporan Diklat Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Melalui Akun SIMPKB yang dilaksanakan pada tanggal 11-20 Oktober 2020.Semoga bisa menjadi sumber acuan dan wawasan bagi rekan guru yang membutuhkan laporan hasil pelaksanaan Diklat melalui Akun SIMPKB.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Format Laporan Diklat Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 Melalui Akun SIMPKB"

Post a Comment